RAPAT PENYAMPAIAN EVALUASI LAPORAN PENERAPAN SPM TAHUN 2021

,

Dinas Kominfo Kota Sibolga | SIBOLGA–Sekretaris Daerah M.Yusuf  Batubara, S.K.M.,M.M, yang diwakili oleh para anggota tim penerapan SPM daerah dari setiap OPD yang telah ditugaskan  mengikuti  zoom meeting mengenai rapat Penyampaian Evaluasi Laporan Penerapan SPM Tahun 2021, yang dilaksanakan di Ruangan Sibolga Command Center Kantor Wali Kota Sibolga, Rabu (11/05/2022) Pagi.

Acara ini dibuka oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri Sri Purwaningsih. Ia menyampaikan dalam arahannya bahwa, SPM merupakan jenis dan mutu pelayanan dasar yang merupakan urusan pemerintahan wajib yang berhak diperoleh setiap warga negara secara minimal. Bidang SPM terdiri dari pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, perumahan rakyat, trantibumlinmas, dan sosial. Pelaksanaan SPM mengatur tentang jenis pelayanan, mutu pelayanan, penerima pelayanan dasar, dan strategi penerapannya. Sementara itu, tahapan penerapan SPM terdiri dari empat yaitu pengumpulan data, penghitungan kebutuhan pemenuhan layanan dasar, penyusunan rencana pemenuhan layanan dasar, dan pelaksanaan pemenuhan layanan dasar.

Direktorat Pembangunan Daerah Kedeputian Bidang Pengembangan Regional Amos Prima Gracianto, S.T., M.Sc., M.PWK, selaku narasumber dalam laporannya menyampaikan bahwa merekomendasikan penguatan tim penerapan SPM sebagai koordinator penerapan SPM didaerah dan simpul koordinasi dengan pemerintah pusat, memastikan alokasi anggaran SPM berdasarkan hasil perhitungan pemenuhan kebutuhan serta memanfaatkan sumber pembiayaan lainnya, memastikan pemenuhan SPM menjadi program prioritas dalam perencanaan daerah dan mendorong pengintegrasian SPM kedalam dokumen perencanaan daerah.