VISI DAN MISI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA SIBOLGA

Dalam rangka mencapai tujuan yang telah direncanakan dan ditetapkan tidaklah mungkin dapat diraih dan dilaksanakan oleh seorang pimpinan saja, melainkan harus didukung oleh semua unsur staf atau aparatur. Oleh karenanya perlu ada sebuah komitmen yang kuat yang harus menjadi Visi bersama (share vision) dari sebuah organisasi yang sedang dijalankan. Selanjutnya dalam rangka mendukung program Pemerintah Kota Sibolga berdasarkan gambaran saat ini serta mewujudkan cita-cita, visi dan misi Walikota Sibolga, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sibolga telah merumuskan sebuah Visi yaitu sebagai berikut:

TERWUJUDNYA PELAYANAN PUBLIK YANG PRIMA MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI”.

Dalam mewujudkan Visi tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sibolga akan berusaha meningkatkan kemampuan aparaturnya dalam melaksanakan tugas-tugas yang diemban, adanya hubungan yang serasi dan harmonis terhadap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atau instansi terkait melalui koordinasi, sangat mendukung rencana kegiatan yang akan dilaksanakan. Untuk meningkatkan kemampuan aparatur kepada seluruh staf diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan yang berkaitan dengan bidang komunikasi dan informatika, baik yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan ditingkat Daerah, Provinsi maupun Pusat.

Visi yang telah disepakati perlu ditindaklanjuti dengan menyusun dan menetapkan Misi yang akan dilaksanakan. Dalam kaitan ini, diharapkan agar semua unsur staf Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Sibolgadapat mengetahui peran masing-masing dan tugas-tugas yang harus dilaksanakan melalui program-program yang disusun serta hasil-hasil yang akan diperoleh pada masa yang akan datang.

Sejalan dengan Visi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sibolga, maka dirumuskan Misi sebagai berikut:

TUJUAN

Tujuan merupakan penjabaran atau sebagai implementasi daripada misi yang akan dicapai dalam kurun waktu tertentu, biasanya satu sampai lima tahun ke depan. Gambaran organisasi yang dikehendaki dapat dirumuskan dengan melihat dan mempertimbangkan secara rinci antara lain jenis pekerjaan yang akan dilaksanakan, orang-orang yang akan menangani pekerjaan, beban atau volume pekerjaan dalam konteks pencapaian tujuan lima tahun ke depan.

Berdasarkan uraian di atas maka Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sibolga menetapkan Tujuan sebagai berikut:

STRATEGI

Untuk mewujudkan tujuan seperti yang disebutkan di atas, maka ditetapkan strategi sebagai berikut:

KEBIJAKAN

Kebijakan adalah merupakan sebuah ketentuan, aturan, arahan ataupun pedoman agar tercapai kelancaran dan keterpaduan dalam mencapai sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan melalui Visi dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sibolga.

Adapun Kebijakan yang akandilakukan sebagaiberikut :

SASARAN DAN INDIKATOR

Dalam rangka operasionalisasi tujuan tersebut di atas,maka ditetapkan sasaran dan indikatornya sebagaimana pada tabel berikut :

Tujuan 1         :      Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik

Sasaran Indikator Kinerja
Meningkatnya Pemanfaatan Layanan Kepemerintahan dan Publik Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Meningkatnya jumlah aplikasi Layanan Kepemerintahan dan Publik Berbasis Teknologi Komunikasi dan Informasi

Tujuan 2       :      Peningkatan Pelayanan Informasi Bagi Masyarakat

Sasaran Indikator  Kinerja
   Meningkatnya Kualitas Pelayanan Informasi Kepada Masyarakat 14 Point Indikator Kepuasan Masyarakat

 Tujuan 3  :     Peningkatan Penyebarluasan Informasi Multimedia

Sasaran Indikator  Kinerja
Meningkatnya sarana penyebarluasan informasi melalui berbagai media Jumlah Media yang Digunakan

Tujuan 4  :     Meningkatkan Sarana dan Prasarana Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sasaran Indikator  Kinerja
    Meningkatnya Sarana dan Prasarana Teknologi Informasi dan Komunikasi Jumlah Sarana dan Prasarana Teknologi, Informasi dan Komunikasi