WUJUDKAN PEMERINTAH CERDAS LEWAT INTEGRASI DATA DAN KETERHUBUNGAN LAYANAN

,

Mewujudkan pemerintahan yang gesit dan lincah (agile governance) menjadi tujuan dalam tata kelola pemerintahan menuju birokrasi berkelas dunia. Dalam konsep agile governance, data dan layanan satu instansi pemerintah dengan instansi lainnya saling terhubung dan terintegrasi. Dalam hal ini diperlukan kelincahan (agility) dalam keterhubungan (interoperabilitas) di dalam internal pemerintah itu sendiri. Instansi pemerintah tidak akan bisa saling terhubung dan terintegrasi jika tidak dibangun sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) atau proses bisnis yang terintegrasi.

Dalam organisasi yang agile, birokrasi akan fokus pada aksi, bukan “kotak dan garis”. Terdapat perubahan cepat, dinamis, dan sumber daya yang fleksibel. Selanjutnya birokrasi akan mengarah pada kepemimpinan yang mampu mengarahkan dan menggerakkan. Diakui, sifat dari layanan-layanan di instansi pemerintah masih silo. Setiap instansi pemerintah berlomba-lomba melakukan perbaikan layanan karena memang hal tersebut sudah selayaknya dilakukan.

Sumber :https://www.kominfo.go.id/content/detail/37906/wujudkan-pemerintah-cergas-lewat-integrasi-data-dan keterhubungan-layanan/0/berita