WALI KOTA SIBOLGA TERIMA PENGHARGAAN SMART CITY

SIBOLGA-Wali Kota Sibolga Drs.H.M.Syarfi Hutauruk, MM, menerima penghargaan Smart City dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, yang diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Aplikasi Kemkominfo, Semuel A Pangerapan, di ICE BSD City Pagadengan, Kota Tangerang, Jumat (14/12/2018).

Dalam kegiatan ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melalui Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menggelar evaluasi atau penilaian Masterplan Smart City, yang dikuti sebanyak 50 Kabupaten/Kota, yang berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 12-14 November 2018, di ICE BSD City Pagadengan, Kota Tangerang.

Kegiatan tersebut, digagas langsung oleh Kementerian Kominfo yang bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian Kordinator Bidang Perekonomian, Kementerian PAN & RB, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian PUPR, Kantor Staf Presiden, dan Kompas Gramedia ini menyelenggarakan program dengan mengangkat thema, “Gerakan Menuju 100 Smart City”.

Kegiatan ini di ikuti Pemko Sibolga melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sibolga, yang telah melakukan evaluasi Masterplan Smart City sebagai bentuk dukungan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.

Di sela-sela kegiatan, Wali Kota Sibolga Drs.H.M.Syarfi Hutauruk, MM, menyampaikan bahwa, dalam pelaksanaan evaluasi atau penilaian ini masing-masing Kabupaten/Kota memberikan paparan tentang Masterplan dan Quick Win Smart City yang di rilis dalam bentuk video dan slide, persentase dihadapan para evaluator dan peserta dari Kabupaten/Kota, yang menggambarkan analisa strategi, visi dan misi  Smart City serta sasaran strategi dalam pengembangan enam pilar, serta rencana aksi (readiness, langkah-langkah persiapan) dan peta jalan (rencana jangka pendek, menengah dan panjang), ujarnya.

Dilanjutkan, kendati dirinya menjelaskan, “evaluasi atau penilaian implementasi Program Smart City ini diikuti 50 Kabupaten/Kota se-Indonesia, dan Pemko Sibolga salah satu penerima penghargaan tersebut,“ucap Wali Kota Sibolga.

Acara penghargaan ini turut disaksikan para pimpinan OPD Kota Sibolga, yang diantaranya Sekda Pemko Sibolga M.Yusuf Batubara, Kepala Dinas Kominfo Kota Sibolga Hermanto Harahap, S.Ag, Kepala Dinas PKPLH Kota Sibolga Ir. Mauli Badia, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan olahraga Kota Sibolga Haslan Efendy S.Sos, Kepala Dinas Pendidikan Kota Sibolga Drs.Alfian Hutauruk, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Sibolga Drs.A.Sulhan Sitompul, dan Sekretaris Dewan Kota Sibolga Richard M. Pangaribuan,S.Si.(Kominfo)

About the author