WALI KOTA SIBOLGA HADIRI SAFARI GENRE DAN PENCANANGAN KESATUAN GERAK PKK-KB KESEHATAN

SIBOLGA-Pemerintah Kota Sibolga melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Sibolga, gelar kegiatan Safari Generasi Berencana dan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan, sekaligus penutupan kegiatan TNI Manunggal-KB-Kesehatan Kota Sibolga, yang di laksanakan di lapangan Simare-mare, Minggu (02/12/2018)pagi.

Kegiatan tersebut mengangkat thema, yakni generasi berencana kita wujudkan generasi muda bangsa yang terencana, kreatif, inovatif dan kompetitif menuju sibolga yang maju dan berdaya saing.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wali Kota Sibolga Drs. H.M. Syrafi Hutauruk, M.M, Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, Sekda Pemko Sibolga M.Yusuf Batubara, Komandan Korem Kolonel Inf. Mohammad  Fadjar  MPICT, Komandan Kodim Letkol Inf Jimmy Rihi Tugu, perwakilan Forkopimda Kota Sibolga, anggota DPRD Sumatera Utara, sekaligus Ketua TP.PKK.Kota Sibolga Dra.Hj.Delmeria Sikumbang, Wakil Ketua TP.PKK. Kota Sibolga Ida Doharta Hutabarat, para pimpinan OPD Kota Sibolga, serta camat dan lurah se-Kota Sibolga.

Dalam sambutannya, Wali Kota Sibolga Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, M.M, menyampaikan bahwa, Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) adalah sebagai wakil pemerintah memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menjalankan program penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja, yaitu suatu program yang memfasilitasi remaja agar belajar memahami dan mempraktikan perilaku hidup sehat dan berakhlak untuk mencapai ketahanan remaja sebagai dasar mewujudkan generasi berencana,”ucapnya.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa untuk menjalankan niat mulia tersebut, BKKBN harus melibatkan pihak sekolah dan kampus sebagai salah satu cara mendekatkan genre dengan komuniatsnya, yaitu remaja/mahasiswa. Hal ini telah dimulai dan perlu dukungan dari semua pihak baik itu dari guru dan kampus dimana remaja dan mahasiswa itu beraktifitas.

Dilanjutkan, peran remaja sebagai duta genre harus dibekali dengan panduan program yang menyentuh langsung kepada permasalahan-permasalahan yang dihadapi para remaja.

“Pusat informasi Konseling-Remaja/Mahasiswa (PIK-RM) sebagai starategi pendekatan terhadap remaja dalam program genre diharapkan dapat memberikan sumbangsih yang banyak untuk memberikan informasi, serta wadah konseling bagi remaja sekolah dan mahasiswa. Untuk itu, para remaja-remaja ini perlu kita berikan pendampingan sedini mungkin sehingga mereka bisa memahami dan memiliki tanggung jawab atas segala tindak tanduknya,”jelas Wali Kota.

Ketua TP KK Kota Sibolga Dra. Hj Delmeria Sikumbang, dalam laporannya mengatakan,“kita mengharapakan generasi berikutnya adalah generasi penerus bangsa yang berencana, yang siap memajukan Kota Sibolga,  serta berkualitas,”ujar Delmeria.

Sebelumnya, Kepala Dinas PP KB Kota Sibolga Dr. Hotma Hutagalung, M.Kes, menyampaikan bahwa, dalam rangka kesatuan gerak PKK-KB Kesehatan Kota Sibolga Tahun 2018, yang akan di laksanakan berbagai kegiatan seperti, pengendalian keluarga berencana, berupa pelayanan keluarga berencana dan kesehatan reproduksi, pembinaan ketahanan keluarga, seperti pembinaan kelompok kegiatan BKB, BKR, BKL, serta kelompok UPPKS dan penilaian PKK terbaik se-Kota Sibolga.

Sementara itu, kegiatan TNI manunggal KB-Kesehatan Tahun 2018 ini sudah di tetapkan PPM /Target untuk Kota Sibolga. Adapun pencapaian selama kegiatan TNI manunggal KB-Kesehatan  Bulan Juli dan September  Safari Gendre,  genre go to School,  Genre,  Jambore Pik R dan di sini juga kita menyerahkan bantuan kepada kelompok PPKS seperti, mesin jahit ,kompor gas, mikser, meja dan kuali.(mks/amir)

About the author