PERAYAAN NATAL OIKUMENE PEMKO SIBOLGA

DINAS KOMINFO KOTA SIBOLGA | SIBOLGA – Kendati hujan deras menyirami Kota Sibolga, tidak mengurangi antusias ribuan umat kristiani dari berbagai gereja di Kota Sibolga, menghadiri perayaan natal oikumene yang digelar Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga, yang dilaksanakan di lapangan Simare-mare Sibolga, Minggu (01/12/2019).

Acara ini dihadiri oleh unsur Forkopimda, Ketua DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah Antonius Hutabarat, beberapa anggota DPRD Kota Sibolga, Wakil Ketua TP. PKK Kota Sibolga Doharta Ida Hutabarat, S.Pd, M.AP, Sekda Kota Sibolga, M. Yusuf Batubara, SKM, MM didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan Masna Sikumbang, SE, para staf ahli, asisten, pimpinan OPD, camat dan lurah se-Kota Sibolga, FKUB Kota Sibolga, BKAG Kota Sibolga, pengurus gereja se-Kota Sibolga, dan ribuan masyarakat umat kristiani.

Dalam natal oikumene ini mengangkat tema, “Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang” (Bnd.Yohanes 15 : 14-15) dan sub tema “Melalui Persahabatan di Dalam Kristus, Kita Syukuri Pesta Demokrasi 2019, Dengan Fokus Peningkatan Sumber Daya Manusia Bagi Warga Kota Sibolga yang Lebih Bermartabat, Kondusif dan Berdaya Guna”.

Sementara itu, rangkaian kegiatan perayaan natal oikumene ini, diawali prosesi karnaval mobil hias yang dilepas oleh Pdt. Edwin J.P. Manulang, M.Th, dari tugu ikan (Depan GPIB Siloam) menuju lapangan simare-mare Kota Sibolga. Dilanjutkan acara ibadah dengan pengkhotbah Pdt. Demak Simanjuntak, M.Th (Ketua Sekolah Tinggi Guru Huria HKBP), hiburan yang dimeriahkan Trio Lamtama, Trio Serasi dan Putri Wakil Wali Kota Enola Anggi Sitanggang, dan diakhiri dengan undian lucky draw.

Dalam sambutannya, Wali Kota Sibolga Drs. H.M. Syarfi Hutauruk, MM, yang dibacakan Wakil Wali Kota Edi Polo Sitanggang, S.Pi, menyampaikan ucapan selamat merayakan hari natal 25 Desember 2019, dan menyongsong tahun baru 1 Januari 2020, kepada segenap umat kristiani Kota Sibolga.

“Semoga perayaan natal tahun ini akan membawa kedamaian, kebahagiaan dan kesejahteraan bagi segenap umat Kristiani yang merayakannya. Sekaligus dapat memberikan semangat dan harapan baru, untuk membangun hari esok yang lebih baik bagi kita, bagi seluruh masyarakat Kota Sibolga untuk membangun daerah dan bangsa tercinta di tahun 2020, tahun yang penuh berkat rahmat Tuhan,” ucap Wakil Wali Kota.

Dikesempatan itu, ia juga mengajak umat kristiani untuk tetap memperkokoh keutuhan yang sudah terbina selama ini, saling menciptakan kedamaian dan keharmonisan antara Pemerintah dan masyarakat, antara umat yang satu dengan umat yang lain, serta bahu membahu untuk menciptakan semangat persatuan dan kesatuan, untuk melaksanakan pembangunan, baik pembangunan jasmaniah maupun pembangunan rohaniah.

“Saya mengharapkan umat kristiani dapat merefleksikan kasih Tuhan dalam kehidupan sehari-hari, menjadi garam dan terang dunia, senantiasa membawa damai sejahtera, serta mampu membangun semangat kebersamaan dan toleransi di antara pemeluk agama yang berbeda. Mari kita bangun potensi kita mewujudkan masyarakat yang unggul, tangguh dan bermartabat. Merayakan Natal akan membawa perubahan mendasar dalam setiap individu untuk terus maju membangun bangsa. Melalui perubahan dan pembaharuan pola hidup ke arah yang lebih baik,” jelas Edi Polo Sitanggang.

Sebelumnya, Ketua umum panitia natal oikumene Pemko Sibolga Marojahan Panjaitan, SE, dalam laporannya memaparkan, bahwa tujuan perayaan natal ini adalah untuk meningkatkan kerukunan dan kebersamaan umat kristiani, melalui peringatan hari-hari besar keagamaan khususnya dalam merayakan natal oikumene di Kota Sibolga. Menjalin kerjasama antar lembaga keagamaan Kristen, Pemerintah, dan masyarakat, secara terpadu dan bersikenambungan di Kota Sibolga, yang merupakan negeri berbilang kaum perekat hubungan antar umat beragama.

About the author